...

...

09 January 2015

Mengenal pengukuran vibrasi pada motor atau pompa



Assalammu'alaikum semuanya...Lama tidak menulis, pada kesempatan ini saya coba berbagi tentang pengukuran vibrasi/getaran, pada peralatan motor listrik atau pompa listrik. Scope nya saya persempit di dalam lingkup pembangkit tenaga listrik.... here we go>>>>>>>>

Untuk apa sih mengukur getaran/vibrasi? ini sama seperti kita mengukur tingkat kesehatan manusia, begitu juga kita harus tahu tingkat kesehatan sebuah mesin / motor listrik, salah satu nya ya dengan mengukur dan memonitor vibrasi nya.

Mesin-mesin apa yang harus dimonitor vibrasinya?
secara umum, mesin-mesin yang harus diperhatikan adalah berdasarkan tingkat kepentingan sebuah mesin tersebut antara lain :

a. Mesin yang cukup mahal, besar, dan susah diperbaiki jika terjadi kerusakan
b. Mesin yang memberikan dampak yang besar terhadap produksi sebuah pembangkit (plant)
c. Mesin yang diketahui sering kali mengalami kerusakan
d. Mesin yang sedang diukur kehandalannya
e. Mesin yang memberikan dampak keselamatan terhadap manusia maupun peralatan lain (safety)
Fig 35


Bagaimana instrument pengukuran bekerja?

Sebelum mengukur vibrasi, kita perlu tau sensor apa yang digunakan untuk mengukurnya. Kebanyakan sih yang dipakai adalah sensor accelerometer, jadi dia memproduksi sinyal kecil yang sebanding dengan akselerasi dari peralatan yang bergetar tersebut. Apa sih akselerasi pada komponen yang bergetar? maksudnya seberapa cepat perubahan velocity yang terjadi. apa sih velocity??? mbulet yaa.... :D
Fig 36



Bagaimana mengukur nya?

Pertama, bagaimana meletakkan accelerometer nya? ingat, jika mau mengukur vibrasi di bearing maka jangan letakkan alat ukut di body... contoh seperti dibawah :)

Fig 37

a. Letakkan sedekat mungkin pada bearing

ini untuk menghindari distorsi signal dan kesalahan dalam pembacaan.
Fig 39


b. Pastikan alat ukurnya terpasang dengan baik

sama, efeknya akan menyebabkan kesalahan dalam pembacaan sinyal oleh alat ukurnya .
Fig 40
Fig 41

 Fig 42Fig 43


c. Pastikan orientasi pengukuran tepat

Jika akan mendeteksi parallel missalignment, maka biasanya alat ukur diletakkan pada posisi radial dari bearing. Sedangkan untuk mengukur angular missalignment, alat ukur diletakkan dalam posisi sumbu axial.
Sinyal yang diproduksi oleh alat ukur akan bergantung juga dari letak dan arah, karena getaran akan bervariasi di setiap letak dan arahnya.

Fig 44

d. Lakukan pengukuran di tempat yang sama.

Dalam melakukan perawatan, predictive ataupun preventive,  maka akan sangat baik jika pengukuran rutin dilakukan pada tempat yang sama..

Fig 45



 e. Jaga keselamatan mu dan juga alatmu

Fig 47
Fig 48

Fig 49


Standard

Vibration Severity Chart ISO 10816-1

Shaft Speed (RPM)
Less than 2,000
Greater than 2,000
MountingDriveCategoryMountingDrive Category
Rigid MountingRigid DriveIRigid MountingRigid DriveII
Flex DriveIIFlex DriveIII
Flexible MountingRigid DriveIIFlexible MountingRigid DriveIII
Flex DriveIIIFlex DriveIV



ditulis dalam kesibukan komissioning hrhrhrhrhhrhrrh :D

Artikel Terkait Lainnya:



25 komentar:

mau tanya nih, tentang electric problem d motor listrik mas, kalo dr identifikasi vibrasi yang muncul, yakni 2x line frequency atau 6000cpm atau 2x50Hz= 100 Hz, motor induksi 2 kutub, 1x turning speed = 3000cpm,
Saat di matikan grafik vibrasi uncouple motor per satuan waktu turun secara tiba2, tidak halus, atau linier, saat cek internal kondisi casing motor listrik bagian dalam terkorosi, amplitudo velocity vibrasi mencapai 18 mm/s masuk kategori very rough berdasarkan iso 10816 sehingga kita matikan, dan switch ke motor yg lain, current balance in three phase masing2 8,5 A 8,6A dan 9,0A,
yang saya mau tanyakan dan diskusikan,
-mengapa ya hal ini bs terjadi? (Vibrasi d 2x line frequency atau 100 hz atau 6000cpm),
- adakah hubungan dgn masalah d air gap atau eccentricity stator dan rotor bar?

hi Nosal,

Jika speed motor nya naik menjadi 6000cpm (rpm) dari 3000rpm maka bisa jadi disebabkan oleh frequency tegangan yang berubah. Kedua hal ini memang berhubungan. Namun, bisa diberitahu berapa jumlah kutub pada motornya??? karena bisa jadi ada masalah di kutub motornya..

kemudian hubungan masalah di air gap dan rotor bar, ya jelas ada, pertama air gap nya sebagai termpat terjadinya flux dari stator ke rotor, nah dalam kondisi motor yang normal nilai semua flux ini harus sama.. artinya jika ada rotor bar yang sudah rusak maka akan ada nilai flux yang berbeda dikarenakan air gap nya sudah tidak uniform lagi. efeknya adalah, terjadinyo noise, vibrasi tinggi, hingga kerusakan bearing dan rotor...

Wiiih...mantap bener Gan Artikelnya.
terimakasih ya infonya.


Obat Luka

This comment has been removed by a blog administrator.

trimakasih buat artikelnya,,
sangat menarik buat di baca,,
salam sukses gan,,.

Artikel-artikelnya sangat bermanfaat.Maju terus,gan.

This comment has been removed by a blog administrator.

Maaf Pak untuk klasifikasinya ada tabelnya, class 1, 2 dan 3 diatas ?

This comment has been removed by a blog administrator.

Thank you for sharing in this article
I can learn a lot and could also be a reference
I hope to read the next your article updates

[-] KLG

This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.

artikel yang sangat bermanfaan
.. pak bagaimana jika motor tersebut mengalami vibrasi diambang batas standar? bagaimana cara mengatasinya?

artikel yang sangat bermanfaan
.. pak bagaimana jika motor tersebut mengalami vibrasi diambang batas standar? bagaimana cara mengatasinya?

This comment has been removed by the author.

Sy rasa penyebab utama dari tingginya vibrasi adalah misallignment. Tempat kita berbagi ilmu. Thanks

This comment has been removed by a blog administrator.

Mas, kalau untuk vibrasi pada motor, adakah tabelnya seperti diatas, misal berdasarkan daya motor ataukah setiap daya memiliki standar vibrasi minimal yang berbeda-beda.
matur nuwun mas, Muhammad Aldrin

Min ini alat ukurnya pakai sensor apa yah , thanks

dari Spectrum vibrasi akan kelihatan pak,

For all.
ada yg tau kah dimana ada group sharing tentang condition monitoring khususnya vibrasi.
group facebook ataupun what shaap. karna kayanya sangat berguna sekali.

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda di blog Dunia Listrik, Semoga bermanfaat.

Untuk diskusi dan opini, silahkan kunjungi "Forum Dunia Listrik"

Dapatkan informasi melalui email, setiap artikel baru diterbitkan dengan mendaftarkan alamat email anda di fitur "Registrasi E-mail".

Sebarkan Blog ini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites