...

...

24 January 2009

Sistem 3 Fasa

Pada sistem tenaga listrik 3 fase, idealnya daya listrik yang dibangkitkan, disalurkan dan diserap oleh beban semuanya seimbang, P pembangkitan = P pemakain, dan juga pada tegangan yang seimbang. Pada tegangan yang seimbang terdiri dari tegangan 1 fase yang mempunyai magnitude dan frekuensi yang sama tetapi antara 1 fase dengan yang lainnya mempunyai beda fase sebesar 120°listrik, sedangkan secara fisik mempunyai perbedaan sebesar 60°, dan dapat dihubungkan secara bintang (Y, wye) atau segitiga (delta, Δ, D).


Gambar 1. sistem 3 fase.

Gambar 1 menunjukkan fasor diagram dari tegangan fase. Bila fasor-fasor tegangan tersebut berputar dengan kecepatan sudut dan dengan arah berlawanan jarum jam (arah positif), maka nilai maksimum positif dari fase terjadi berturut-turut untuk fase V1, V2 dan V3. sistem 3 fase ini dikenal sebagai sistem yang mempunyai urutan fasa a – b – c . sistem tegangan 3 fase dibangkitkan oleh generator sinkron 3 fase.

Hubungan Bintang (Y, wye)

Pada hubungan bintang (Y, wye), ujung-ujung tiap fase dihubungkan menjadi satu dan menjadi titik netral atau titik bintang. Tegangan antara dua terminal dari tiga terminal a – b – c mempunyai besar magnitude dan beda fasa yang berbeda dengan tegangan tiap terminal terhadapa titik netral. Tegangan Va, Vb dan Vc disebut tegangan “fase” atau Vf.



Gambar 2. Hubungan Bintang (Y, wye).

Dengan adanya saluran / titik netral maka besaran tegangan fase dihitung terhadap saluran / titik netralnya, juga membentuk sistem tegangan 3 fase yang seimbang dengan magnitudenya (akar 3 dikali magnitude dari tegangan fase).
Vline = akar 3 Vfase = 1,73Vfase

Sedangkan untuk arus yang mengalir pada semua fase mempunyai nilai yang sama,
ILine = Ifase
Ia = Ib = Ic

Hubungan Segitiga

Pada hubungan segitiga (delta, Δ, D) ketiga fase saling dihubungkan sehingga membentuk hubungan segitiga 3 fase.


Gambar 3. Hubungan Segitiga (delta, Δ, D).

Dengan tidak adanya titik netral, maka besarnya tegangan saluran dihitung antar fase, karena tegangan saluran dan tegangan fasa mempunyai besar magnitude yang sama, maka:
Vline = Vfase

Tetapi arus saluran dan arus fasa tidak sama dan hubungan antara kedua arus tersebut dapat diperoleh dengan menggunakan hukum kirchoff, sehingga:
Iline = akar 3 Ifase = 1,73Ifase

Daya pada Sistem 3 Fase

1. Daya sistem 3 fase Pada Beban yang Seimbang

Jumlah daya yang diberikan oleh suatu generator 3 fase atau daya yang diserap oleh beban 3 fase, diperoleh dengan menjumlahkan daya dari tiap-tiap fase. Pada sistem yang seimbang, daya total tersebut sama dengan tiga kali daya fase, karena daya pada tiap-tiap fasenya sama.


Gambar 4. Hubungan Bintang dan Segitiga yang seimbang.

Jika sudut antara arus dan tegangan adalah sebesar θ, maka besarnya daya perfasa adalah

Pfase = Vfase.Ifase.cos θ

sedangkan besarnya total daya adalah penjumlahan dari besarnya daya tiap fase, dan dapat dituliskan dengan,

PT = 3.Vf.If.cos θ

• Pada hubungan bintang, karena besarnya tegangan saluran adalah 1,73Vfase maka tegangan perfasanya menjadi Vline/1,73, dengan nilai arus saluran sama dengan arus fase, IL = If, maka daya total (PTotal) pada rangkaian hubung bintang (Y) adalah:

PT = 3.VL/1,73.IL.cos θ = 1,73.VL.IL.cos θ

• Dan pada hubung segitiga, dengan besaran tegangan line yang sama dengan tegangan fasanya, VL = Vfasa, dan besaran arusnya Iline = 1,73Ifase, sehingga arus perfasanya menjadi IL/1,73, maka daya total (Ptotal) pada rangkaian segitiga adalah:
PT = 3.IL/1,73.VL.cos θ = 1,73.VL.IL.cos θ

Dari persamaan total daya pada kedua jenis hubungan terlihat bahwa besarnya daya pada kedua jenis hubungan adalah sama, yang membedakan hanya pada tegangan kerja dan arus yang mengalirinya saja, dan berlaku pada kondisi beban yang seimbang.

2. Daya sistem 3 fase pada beban yang tidak seimbang

Sifat terpenting dari pembebanan yang seimbang adalah jumlah phasor dari ketiga tegangan adalah sama dengan nol, begitupula dengan jumlah phasor dari arus pada ketiga fase juga sama dengan nol. Jika impedansi beban dari ketiga fase tidak sama, maka jumlah phasor dan arus netralnya (In) tidak sama dengan nol dan beban dikatakan tidak seimbang. Ketidakseimbangan beban ini dapat saja terjadi karena hubung singkat atau hubung terbuka pada beban.

Dalam sistem 3 fase ada 2 jenis ketidakseimbangan, yaitu:
1. Ketidakseimbangan pada beban.
2. ketidakseimbangan pada sumber listrik (sumber daya).

Kombinasi dari kedua ketidakseimbangan sangatlah rumit untuk mencari pemecahan permasalahannya, oleh karena itu kami hanya akan membahas mengenai ketidakseimbangan beban dengan sumber listrik yang seimbang.



Gambar 5. Ketidakseimbangan beban pada sistem 3 fase.

Pada saat terjadi gangguan, saluran netral pada hubungan bintang akan teraliri arus listrik. Ketidakseimbangan beban pada sistem 3 fase dapat diketahui dengan indikasi naiknya arus pada salahsatu fase dengan tidak wajar, arus pada tiap fase mempunyai perbedaan yang cukup signifikan, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan.

Untuk contoh kasusnya silahkan lihat electrical science handbook volume 3.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait Lainnya:



55 komentar:

Bila arus tiap phase berbeda jauh
Apakah konsumen akan rugi?
Apa saja kerugian bila arus/tegangan phase R S T berbeda jauh?

Apakah di panel busbar netral dan ground boleh digabung untuk mendapatkan tegangan netral-ground benar-benar nol?
bila digabung pengaruhnya apa?

gimana rumusan jumlah lilitan dan diameter kawat motor kapasitor 1 phasa?barangkali bisa bantu,,,

Har! -> tentu saja ekan merugikan konsumen, karena peralatan2 listriknya akan bekerja dengan tidak sempurna dan jika beroperasi dalam jangka waktu tertentu akan mengakibatkan kerusakan.

Bila terjadi beban tidak seimbang apa yang terjadi dengan beda potensial antara G - N ?
dan apa yang dapat diakibatkan bila G - N > 3Volt?

ketika beban tidak seimbang maka pada sistem 3 fasa maka kawat netral akan mengalir alrus,pada sitem seimbang kawat netral 0 A bagimana menghilangkan kawat netrala tersebut?

masih bingung tentang diagram segaris--> diagram impedansi

punya artikel/e book terkait ttg hal itu gag?
trims

site ini ok bgt. Akan saya rekomendasikan siswa saya di SMK Muhammadiyah 1 Cileungsi-Bogor. untuk setia membaca site ini.
salam

iman -> mohon maaf saya kurang paham dengan pertanyaannya?

sule & ZTROOM-brc -> terima kasih sudah berkunjung dan rekomendasinya, semoga bisa memberi pencerahan untuk siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Cileungsi-Bogor

javagamesfever -> artikelnya sedang dicari, tunggu terbitnya aja ya..?

3 fasa R S T N PE, R~S, S~T, T~R =380Volt. Sedangkan R~N, S~N, T~N =220Volt. Yang saya tau 220 didapat dari 380 dibagi akar tiga. Yang jadi pertanyaan saya 380Volt didapat dari mana? Mohon bantuannya.
rizal

Thanks tuk rubrik ini,


salam

salam kenal,saya kurang faham tentang name plate motor listrik tertera delta 400 v /bintang 620 v - 14 A / 7 A ,jika motor listrik nyala dengan rangkaian delta 400 v 14 A bisahkah rangkain tersebut berubah menjadi rangkain bintang ataukah rangkainnya tetap rangkaian delta diwaktu motor listrik nyala dalam keadaaan normal mohon penjelasanya dalam memahami name plate motor listrik tersebut jika kita melakukan tes motor

Salam kenal bt semua,,mdh2n bisa saling membantu,,

kalau arus fasa u v w nya berbeda jauh apakah penyebab dan akibatnya pak?

Salam nostalgia Om Hage,
Om bisa dijelaskan lebih detail perbedaan proteksi antara unbalance dengan overcurrent ground.
Dalam listrik 3 fasa dalam keadaan seimbang maka tidak akan muncul arus di netralnya. Nah ketika terjadi ketidakseimbangan maka disitulah terdapat unbalance serta muncul arus di netral, bagaimana relay bisa membedakan kejadian gangguan apakah ground fault atau unbalance

This comment has been removed by a blog administrator.

Email aja ke zetoxs@yahoo.com

apakah daya motor yang dihubungkan dengan bintang segitiga sama dengan daya trafo yang dihubungkan dengan segitiga bintang?

pak mau tanya kalau kita tidak tau posisi UVW pada motor listrik,,bagaimana cara untuk menentukan UVW nya?

Jika UVW tidak diketahui, bisa diketahui dengan cara : pastikan terminal belitan motor terlepas, ukur impedansi atau tahanan tiap terminal, cari pasangan yang memiliki nilai impedansi. yang impedansinya tak hingga berarti bukan pasangannya. anda akan menemukan 3 pasang nilai impedansi, silah beri nama UVW sesuaikan dengan pasangannya.

Pada trafo belitan delta, apakah bisa jika dikasih bebab phase to ground?

pak saya mau tanya listrik saya bertegangan 6600 setiap rst 2200. apakah jika r digabung dengan s jadi 4400??? dan apabila rst digabung jadi 6600 single phasa???
makasih

sangat bermanfaat, thank's so much

pak saya mau tanya kalau ada pemasangan UPS dengan inputan 3 phase rst, jika kita tidak tahu posisi rst nya apakah akan berdampak pada UPS tersebut ?

Artikel nya Bagus dan bermanfaat, Jangan Lupa Lihat Juga Kumpulan Ilmu Listrik By Tukang Listrik Batam

Gan saya mau tanya ,bila arus R sama S digabung bahaya ga? Listrik saya 3 pas 10520 wat mesin kopi saya 400 wat 1 pas,kalo 10520 dibagi 3 berarti R cuma 3500 lbih ,buat msin kopi 4000 wat saya gimana caranya ? Tolong di bantu

380 V itu didapat dari perkalian akar tiga trhdp 220 V. Akar tiga didapatkan akibat perbedaan sudut gelombang listrik sebesar 120 derajat antar phasa.
tan 120 = - akar tiga, jadi dgn perkalian imajiner dimana j= -1, maka diperoleh nilai riil akar tiga.

bergantung pemakaian motor terhadap trafonya, sisi mana yg ke motor dan sisi mana ke sumber tegangan.

Yth saudara ipay si,

beban 1 phasa hny bisa menerima suplai dari satu phasa saja. Kalau anda taruh R dan S digabung itu sama dengan men-short sirkit jaringan listrik rumah anda. Jadi ini bahaya.
Kalau anda mengganti suplai ke mesin kopi yg semula L(phasa) - N (netral) jadi L-L, maka tegangan yg mesin kopi anda dapat = 380 V. Lihat spek si mesinnya, apakah sanggup utk tegangan segitu?
Kalau tidak, anda cukup menambahkan besar ampere MCB fasa anda, sya rasa yg 32 A sudah cukup besar.
nah untuk 3 buah mesin kopi, pasang saja setiap mesinnya ke fasa berbeda beda.

YTH pak ramdhon,

utk pemasangan UPS atau barang apapun yg memerlukan 3 phasa, tidak masalah utk urutannya. Yang penting pastikan setiap phasa tersebut bertegangan sama (bebas gangguan unbalance), dan pastikan ketiganya terpasang baik pada UPS.
Thanks

bila arus RST berbeda jauh akan terjadi ketidaksetimbangan yg mengakibatkan mengalirnya arus pada netral.
berbahaya untuk peralatan karena akan mengakibatkan pemanasan berlebih dan torsi kurang pada motor-motor 3 phasa,dan terganggunya operasi perangkat yg sensitif dengan perubahan tegangan. Karena perbedaan arus yg signifikan akan menyebabkan perbedaan tegangan yg besar pula.

Kawat ground dan netral sebaiknya jangan digabung karena masing masing memiliki fungsi berbeda. Satu untuk melengkapi jalur arus (Netral), dan satu lagi untuk proteksi arus sisa (Ground).
Jadi bila suatu saat terdapat arus netral, akan mengalir ke kabel ground, dan mengakibatkan bodi peralatan jadi bertegangan.

Anda sudah bosan dan malas karena kalah terus....

Mari gabung bersama dengan kebunpoker.net

rasakan sensasi permainan yang menarik dan spektakuler
http://communitykebunpoker.blogspot.com/2017/12/kenapa-emre-can-belum-perpanjang.html
http://communitykebunpoker.blogspot.com/2017/12/mengharukan-saat-hamil-dan-pendarahan.html
http://suararumput.com/rumitnya-mencari-pelapis-lewandowski-di-bayern/
http://suararumput.com/barca-lebih-seimbang-tanpa-neymar/
http://bandarkartupoker.blogspot.com/2017/12/niat-awal-pria-ini-memasukkan-hamster.html
http://bandarkartupoker.blogspot.com/2017/12/di-hari-pernikahan-kami-pengemis-ini.html
contact us :
Telepon : +855967107957
BBM : 2BE3264A
Yahoo: kebunpoker@yahoo.com

This comment has been removed by the author.

Makasih banyak Agan untuk artikelnya, sangat bermanfaat untuk kami Tukang Listrik

Perkenalkanlah kami PT. MULTITECH MITRA SEJATI Logistics International, Salah satu perusahaan International Freight Forwarding EMKL / EMKU mengajukan penawaran Jasa Handling Import baik via pelabuhan Tanjung priok atau via Bandara Soekarno Hatta. Serta pelabuhan Nusantara lainnya :



- Service Kami :

- Air & Sea Freight (LCL & FCL)

- Bonded Warehousing

- Customs Clearance

- Door To Door Service

- Domestics Service

- Undername / Consignee

- Borongan / All-In

- Trucking

- Transfer EDI / PIB

- Import Sea Freight & Air Freight Service

- Export Sea Freight & Air Freight Service

- Import Consolidation



Untuk jenis barang yang ada izin di import ke perusahaan kami (Undername / Consignee) HS Kode : 2403 s/d 2801, 3826 s/d 3901, 4017 s/d 4601, 8401 s/d 8548 dan lainnya, Serta izin dari Comonity barang tersebut.

Agent : Singapore, Malaysia, China, Thailand, Korea, Taiwan, Japan, Amerika, Jerman, Italy, Inggris, Belanda dan lainnya.

Kami juga bisa proses barang yang menyangkut dengan izin seperti : NPIK, ALKES, PERTAMINA, BAPETEN, MENKO INFO, POM, KARANTINA dan lainnya.



Thank you & Kind regards,

Angga Yuda Kusuma



Untuk informasi lebih lanjut dapat mehubungi kami



PT. MULTITECH MITRA SEJATI Logistics International

Ruko Cluster Sriwedari Blok P5 No.19 Harapan Indah

Jl. Kaliabang Tengah Bekasi 17131 – Indonesia.

Mobile : 0858 4616 6330 (W.A)

Phone : 021 8838 4245 (Hunting)

Fax : 021 8838 2638

E-mail : multitechms01@gmail.com/multitechms@yahoo.com

Arus Iline = arus IFasa apakah sama atau tidak ?? Bisa dijelaskan dengan gaya bahasa yg musah ?

Seluruh blog gak ada yg mampu menjelas kan dari mana 1,73 dihasilkan dan cara penghitungannya...karna sy keliling blog juga gak nemu jawaban

mengapa pengukuran 3 phasa saat pengukurun voltase phasa ke phasa jauh berkurang dri 380 sedangkan pengukuran voltase phasa ke netral normal (+-220), mohon pencerhannya

Bisa, ini namanya pentanahan langsung. Ini pentanahan secara umum yang dipakai di Indonesia

Website resmi ReportaSee | Terkini

Reportasee.com adalah sebuah portal berita web yang berisikan tentang berita dan artikel terkait pebberitaan yang ada di

Indonesia. Reportasee.com merupakan sebuah situs berita terkini dan populer yang ada di Indonesia khususnya. Berbeda jauh

dari situs lain dengan berita berbahasa Indonesia lainnya, www.Reportasee.com hanya memiliki edisi daring (Online) dan

menggantungkan sumber resmi dan pendapatan iklan-iklan online dan ofline. Meskipun demikian, Reportasee.com yang merupakan

situs terdepan dalam hal konten berita baru (breaking news) maupun video. Sejak tanggal 31 Desember 2018, Reportasee.com

menjadi ajang berita regional, Nasional dan Internasional.

Kategori Reportasee :
Reportasee.com | Portal Berita Dalam dan Luar Negeri, Edukasi, Ekonomi & Bisnis, Teknologi, Gaya Hidup, Olahraga, Otomotif

dan Hiburan.

Berita internasional
Berita Nasional
Berita Regional
Berita Gaya Hidup
Berita Teknologi
Berita Hiburan

bagus sekali ya min artikel ini , saya sangat terbantu oleh artikel yang bagus ini dan menambah wawasan saya , saya berharap anda bisa terus berkarya untuk anak banga , dan pastinya saya mendoakan yang terbaik untuk anda sukses selalu dan sehat selalu
bandarq terpercaya
agen domino teraman dan terpercaya
jika ada salah saya dalam pengetikan saye meminta maaf,salam hormat terdalam saya, terima kasih

NgaGAYA.ID | NgaGAYA.ID : Portal Berita Seputar Gaya Hidup. NgaGAYA.ID Berita | NgaGAYA.ID Gayahidup | NgaGAYA.ID Destinasi | NgaGAYA.ID Gadget | NgaGAYA.ID Fashion | NgaGAYA.ID Kuliner |
___ ____???????
___??????????
___?????????????
___????????????
__?????????????
_?????????????
_?????????????
_??CLICK HERE????
??????????????????????
???????? CLICK HERE ??????
??????????????????????????
_??????__????????????????
___????____?????????????
___????_____??????????
___????_____??????????
____????____??????????
_____???____?????????
______???__??????????
_______??????????????
________??????????????
_______???????????????????
_______????? CLICK HERE ??????
_______?????????????????????????
_______???????????????????????????
________??????????____?????????????
_________????????_______???????????
_________????????_____???????????
_________???????____??????????
_________???????_??????????
________???????????????
________????????????
________??????????
_______?????????
_______??????
______??????
______??????
______??????
______?????
______?????
_______????
_______????
_______????
______??????
_____????????
_______|_?????
_______|__??????

Reply Delete

wah akhirnya ad web yang bisa membantu saya dalam hal membuat wordpress, artikelnya menarik dan memanjakan mata untuk di baca

perkenalkan nama saya Titannia yulanda NIM 1822500065 dari ISB Atma Luhur

ituDewa Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen Super Ten | BlackJack

PROMO SPESIAL GEBYAR BULANAN ITUDEWA. KUMPULKAN TURNOVER SEBANYAK-BANYAKNYA DAN DAPATKAN HADIAH YANG FANTASTIS DARI ITUDEWA.

MAINKAN DAN MENANGKAN HADIAH TOTAL RATUSAN JUTA, TANPA DI UNDI SETIAP BULANNYA!

? DAIHATSU ALYA 1.0 D MANUAL ( Senilai Rp.100.000.000,- )
? New Yamaha Vixion 150 ( Senilai Rp.25.340.000,- )
? Emas Antam 10 Gram ( Senilai Rp.10.160.000,- )
? Free Chips 1.500.000
? Free Chips 1.000.000
? Free Chips 250.000

SYARAT DAN KETENTUAN : KLIK DISINI

DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR ITUDEWA

1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa

=> Bonus Cashback 0.3%
=> Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
=> Bonus UPLINE REFERRAL UP TO 100.000!
=> Bonus New Member 10%
=> Customer Service 24 Jam Nonstop
=> Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)

• Deposit Via Pulsa, OVO & GOPAY
• Pusat Bantuan ituDewa

Facebook : ituDewa Club
Line: ituDewa
WeChat : OfficialituDewa
Telp / WA : +85561809401
Livechat : ituDewa Livechat

Jual tembaganya ngilangin bosku

Linkaja88 Adalah Situs Judi Slot Online 24 Jam Terpercaya Di Indonesia Yang Sudah Berdiri Sejak 2014. Anda bisa bermain semua jenis slot yang tersedia di situs kami hanya dengan minimal Deposit IDR 50.000,- Dan Mendapatkan Jackpot Progresive Fantastis.

Tersedia Promo Spesial - Bonus 100% !
Hubungi Whatsapp Cs Kami : 0812–2222–995
Link Whatsapp Cs Kami : https://bit.ly/31SZvwy

CWKEY288 SITUS BANDAR JUDI SLOT ONLINE CASINO ONLINE

Cwkey288 merupakan Agen judi online via pulsa murah
DEPOSIT VIA PULSA TELKOMSEL | TANPA POTONGAN 2JAM ONTIME
Bonus yang diberikan Cwkey288 :
➤NEW MEMBER 100% Max Bonus 500 RB
➤NEW MEMBER 50% MAX Bonus 300 RB
➤NEW MEMBER 20% MAX Bonus 200 RB
➤Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
➤Minimal Depo 10.000
➤Minimal WD 50.000

Memegang Gelar atau title sebagai Agen Bandar judi online Terpercaya

Games Yang di Hadirkan di cwkey288 :
* Game slot
* Poker
* Bola
* Sabung ayam
* Tembak ikan
* Casino
* Togel Online

Info Lebih lanjut Kunjungi :
Website : Cwkey288
Facebook : Cwkey288 Bandar Online
WHATSAPP : 082132037811
Line : cwkey288
TELEGRAM : 082132037811

https://www.cwkey288.xyz

Terimakasih atas informasinya. Bermanfaat sekali informasinya. Silahkan berkunjung ke blog saya juga ya Studiblogging.com

This comment has been removed by the author.

mau nanya dong kalau misalkan salah satu fasa dilepaskan atau ke dua fasa dilepaskan maka apa yang akan terjadi pada rangkaian tersebut

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda di blog Dunia Listrik, Semoga bermanfaat.

Untuk diskusi dan opini, silahkan kunjungi "Forum Dunia Listrik"

Dapatkan informasi melalui email, setiap artikel baru diterbitkan dengan mendaftarkan alamat email anda di fitur "Registrasi E-mail".

Sebarkan Blog ini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites